Makanan Protein Tinggi Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Kedua

Makanan protein tinggi untuk ibu hamil mengandung asam amino yang membentuk protein, fungsinya sebagai pembentuk sel tubuh ibu hamil dan calon bayi dalam kandungan. Asupan protein dibutuhkan saat usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Pada periode ini bayi masuk pada masa pertumbuhan tercepat, payudara bumil dan organ lain semakin membesar. Tujuannya adalah untuk mengakomodir kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Seiring bertambahnya usia kehamilan, tentu kebutuhan gizi bumil juga harus ditingkatkan. Apabila kebutuhan energi sebelum hamil sekitar 1900 kkal dengan kebutuhan protein sekitar 50 gram perhari, maka kebutuhan energi saat trimester pertama kehamilan meningkat menjadi 2080 kkal dan kebutuhan protein menjadi 68 gram perhari. Lalu pada trimester kedua dan ketiga meningkat lagi menjadi 2200 kkal dengan kebutuhan protein wanita hamil menjadi 70 gram perhari.

Jumlah kebutuhan protein ini tidak harus dipenuhi setiap hari, namun sebagaimana disarankan jumlah protein tersebut dikonsumsi dengan jumlah rata-rata perhari selama beberapa hari atau dalam satu minggu. Kebutuhan protein bagi ibu hamil adalah sebanyak 70 gram per hari (rata-rata perhari dalam konsumsi selama beberapa hari atau selama satu minggu).

Makanan Protein Tinggi Untuk Ibu Hamil

Manfaat Makanan Tinggi Protein Untuk Ibu Hamil

Manfaat utama protein bagi ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Protein adalah sumber kalori yang paling baik
  2. Protein berfungsi sebagi pembentuk dan perbaikan jaringan sel tubuh pada janin seperti otot, tulang, jantung, hati dan mata kulit
  3. Protein membantu pembentukan sel darah merah janin dan membantu pembentukan air ketuban
  4. Protein berperan dalam pertumbuhan jaringan plasenta
  5. Protein membantu membentuk anti bodi bagi janin dan ibu hamil
  6. Protein akan menjaga kesehatan tulang janin dan ibu hamil

Daftar Makanan yg Mengandung Protein Untuk Ibu Hamil

Konsumsi protein di negara-negara maju seperti Amerika Serikat melebihi dari yang dibutuhkan, sehingga banyak beranggapan bumil di negara maju tersebut tidak kesulitan memenuhi kebutuhan protein untuk perkembangan ibu dan janin selama kehamilan.

Tentu kondisi ini berbanding terbalik dengan Indonesia dimana sumber protein dari daging dianggap makanan mewah bagi masyarakat yang berpendapatan pas-pasan. Sehingga mengkonsumsi daging bukan menjadi asupan wajib kesehariannya. Baca juga Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda.

Nah, untuk memperoleh protein yang cukup bumil tidak mesti harus makan daging. Sumber protein lainnya sangat mudah diperoleh diantaranya seperti susu, kacang-kacangan, maupun produk kedelai. Berikut ini daftar makanan kaya protein untuk ibu hamil yang patut dicoba dan dapat diperoleh dengan harga murah:

  • Daging sapi
  • Daging unggas (ayam, bebek, dll)
  • Ikan dan kerang
  • Putih telur
  • Susu dan olahannya (keju dan yoghurt)

Sumber protein hewani tersebut di atas sangatlah lengkap (semua sembilan komponen asam amino) dibandingkan dengan sumber protein nabati (tumbuhan). Sumber protein nabati dapat dicoba diantaranya:

  • Kacang-kacangan
  • Kedelai (tauge, tempe, tahu, dll)
  • dan lainnya

Berikut ini kadar mengkonsumsi makanan tinggi protein untuk ibu hamil yang bisa dipenuhi dalam menu sehari-hari yang saya kutip dari situs hamilbayi.com:

Olahan susu diantaranya:

  1. 1/2 cangkir 1% keju cottage: 14 g
  2. 1/2 cangkir keju ricotta: 14 g
  3. 8 ons yogurt rendah lemak: 9-12 g
  4. 1 ons keju Parmesan: 11 g
  5. 1 ons keju Swiss: 8 g
  6. 1 cangkir susu skim: 8 g
  7. 1 ons keju mozzarella: 7 g
  8. 1 ons keju cheddar: 7 g
  9. 1 telur besar segar: 6 g

Kacang-kacangan seperti:

  1. 1/2 cangkir tahu mentah (produksi pabrik): 20 g
  2. 1 cangkir lentil yang dimasak: 18 g
  3. 1 cangkir kacang hitam kalengan: 15 g
  4. 1 cangkir kacang merah kalengan: 13 g
  5. 1 cangkir buncis kalengan: 12 g
  6. 1 cangkir kacang pinto kalengan: 12 g
  7. 2 sendok makan selai kacang halus: 8 g
  8. 1 ons kacang goreng kering: 7 g
  9. 1 cangkir susu kedelai murni: 6 g

Daging, unggas, dan ikan:

  1. 1/2 dada ayam panggang (tidak ada kulit): 27 g
  2. 3 ons salmon: 23 g
  3. 3 ons ikan: 23 g
  4. 3 ons daging sapi tanpa lemak: 21g

Dengan mengkonsumsi 3 atau 4 porsi makanan tinggi protein untuk ibu hamil setiap hari merupakan pola makan sehat yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bayi. Kebutuhan harian prenatal dari 70 gram adalah setara dengan dua gelas susu, dada ayam 5 ons, dan dua cangkir yogurt, misalnya.

AWAS: Bumil harap tidak mengkonsumsi ikan yang ditenggarai mengandung metil merkuri dan logam berat. Kandungan bahan kimia tersebut sangat berbahaya bagi perkembangan organ tubuh dan otak janin. Contohnya ikan predator seperti ikan hiu, ikan todak, king mackerel, tilefish, dll.

Bahaya Kekurangan Protein Pada Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang paling rentan bagi janin dan bumil. Oleh karena itu Anda wajib menjaga asupan gizi yang tepat dan seimbang. Kekurangan protein akan berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) dan kelainan fisik lainnya. Pada ibu hamil jika kekurangan protein selama hamil akan menimbulkan dampak terhadap pembentukan ASI nantinya semasa menyusui. Sehingga menyebabkan terganggunya proses menyusui setelah persalinan.

Bumil dapat mengetahui tanda-tanda kekurangan protein diantaranya:

  1. Berat badan kurang dari normal
  2. Sering mengalami kelelahan pada bagian otot
  3. Sering infeksi
  4. Dan retensi yang parah

Demikianlah uraian singkat mengenai manfaat dan sumber makanan protein tinggi untuk ibu hamil dan juga apa saja bahaya kekurangan protein yang dapat mengganggu proses kehamilan dan janin didalam kandungan. Semoga keberadaan artikel ini dapat menambah pengetahuan seputar makanan yang baik dikonsumsi oleh bumil pada trimester pertama, kedua, dan ketiga. Silahkan berbagi artikel ini.

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

64 − = 54