Makanan sehat untuk ibu hamil muda agar anak sehat dan cerdas

Seperti apakah makanan sehat untuk ibu hamil muda? makan sehat bukanlah berarti mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak. Tetapi memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil sangat rentan mengalami keguguran. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil.

Nutrisi makanan yang dikonsumsi ibu hamil muda tidak hanya untuk dirinya saja tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan janin didalam kandungan. Lalu apa sajakah jenis makanan sehat buat ibu hamil? Berikut ini ulasannya:

Makanan sehat untuk ibu hamil muda

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama (tiga bulan pertama)

Masa kehamilan trimester pertama adalah masa yang sangat rentan, masa ini anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat (vitamin B9), vitamin D, Kalsium dan Zat besi.

Manfaat asam folat untuk ibu hamil muda

Asam folat sangat penting untuk membantu mencegah munculnya neural tube defect (NTD), yaitu cacat pada sistem saraf bayi. Penyakit ini mulai berkembang pada 28 hari pertama setelah pembuahan. Pada masa ini banyak wanita belum menyadari jika mereka sudah hamil. Oleh karena itu sangat direkomendasikan mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari selama trimester pertama kehamilan.

Adapun manfaat asam folat bagi wanita hamil muda adalah dapat:

  • Mencegah keguguran
  • Mencegah bayi lahir cacat
  • Mencegah kelahiran prematur
  • Meningkatkan perkembangan otak janin dan
  • Menjaga kesehatan dinding rahim

Beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang memiliki kandungan asam folat tinggi  terdapat pada sayur bayam, brokoli, kacang-kacangan, jagung, aspargus, sereal, pisang, selada, lemon, jambu biji, buncis dan jamur.

Manfaat Vitamin D dan Kalsium untuk ibu hamil

Kebutuhan vitamin D dan kalsium untuk ibu hamil lebih banyak selama masa kehamilan. Ibu hamil dan menyusui sangat disarankan minum 10 mikrogram vitamin D setiap hari dan 200-300 miligram kalsium. Vitamin D dan kalsium berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi pada bayi. Berikut ini beberapa manfaat vitamin D dan kalsium bagi ibu hamil dan janin:

  • Mencegah pertumbuhan tulang yang abnormal
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi
  • Memperbaiki jaringan yang rusak
  • Membantu pertumbuhan otot dan
  • Memperlancar aliran oksigen pada janin

Jenis makanan sehat bagi ibu hamil yang banyak mengandung kalsium terdapat pada tahu, tempe, kacang merah, dan susu kedelai. Sedangkan vitamin D dengan mudah bisa anda dapat dari ikan salmon, ikan sarden, telur, daging dan berjemur di sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D terbaik bagi tubuh anda.

Manfaat zat besi (zink) untuk ibu hamil

Kebanyakan wanita akan mengalami cepat kelelahan pada saat hamil muda, coba cek darah anda sebab kemungkinan terkena anemia. Anemia sering terjadi pada ibu hamil muda yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Berikut ini beberapa manfaat zat besi untuk ibu hamil muda:

  • Membantu membentuk sel darah merah dan mengikat oksigen yang dialiri keseluruh tubuh ibu sampai janin
  • Mencegah bayi terkena anemia saat lahir yang menyebabkan berat badan bayi menurun dibawah rata-rata
  • Mengurangi kelelahan, pusing, lemah dan pucat yang terus menerus

Rasa lelah saat hamil bisa diatasi dengan mengonsumsi air kelapa atau air yang dicampur perasan lemon. Minuman jenis ini dapat Anda coba untuk mengatasi rasa mual yang kerap muncul di trimester awal ini.

Kekurangan zat besi dapat anda atasi dengan rajin mengkonsumsi makanan kaya zat besi. Beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang banyak mengandung zat besi seperti beras merah, biji-bijian, kacang-kacangan, daging sapi, daging unggas, dan makanan laut. Mengkonsumsi biji-bijian utuh sebanyak 3 porsi setiap hari baik untuk mencegah konstipasi dan wasir saat hamil. Contoh makanan yang baik dari adalah roti dan sereal dari biji-bijian utuh dan nasi beras merah.

Makanan yang dilarang saat hamil muda

Selama trimester awal ini, makanan yang harus dihindari saat hamil adalah mengkonsumsi makanan mentah, setengah matang, dan yang belum dipasteurisasi. Anda juga harus berhati-hati karena ada beberapa jenis yang seafood yang terkontaminasi merkuri, zat yang bisa merusak sistem saraf janin. Seafood yang harus dihindari oleh ibu hamil muda seperti ikan tongkol, ikan kakap putih, dan ikan makarel.

Penjelasan selengkapnya dapat anda lihat pada artikel makanan apa saja yang dilarang saat hamil muda. Jika Anda ngidam pada makanan yang harus dihindari saat hamil muda, cobalah untuk menahan hawa nafsu tersebut demi kebaikan anda dan buah hati dalam kandungan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Makanan sehat untuk ibu hamil muda agar anak sehat dan cerdas. Tips dari saya adalah Ibu hamil muda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dalam porsi sedikit namun sering. Hal ini guna mencegah rasa mual yang kerap datang pada trimester awal.

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 5 =