Manfaat kurma bagi ibu hamil agar bisa melahirkan normal

Manfaat kurma bagi ibu hamil agar dapat melahirkan secara normal bisa anda wujudkan dengan sering mengkonsumsi kurma selama masa kehamilan terutama sejak memasuki trimester ketiga.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jordan of Science and Technology pada tahun 2007-2008 membuahkan hasil yang menggembirakan. Dari hasil tes sebanyak 69 ibu hamil diminta mengkonsumsi 6 buah kurma setiap hari selama 4 minggu sebelum hari persalinan. Hasilnya para ibu hamil yang rutin makan kurma merasakan banyak manfaat.

Berikut ini hasil penelitian mengenai manfaat kurma bagi ibu hamil yang dipublikasikan oleh Journal of Obstetrics and Gynaecology tahun 2011:

Manfaat kurma bagi ibu hamil agar dapat melahirkan secara normal

Manfaat kurma bagi ibu hamil agar melahirkan normal
Menurut hasil studi diatas peluang untuk melahirkan secara normal dengan mengkonsumsi buah kurma mencapai 96%. Berkat kurma melahirkan secara normal akan membawa angin segar bagi ibu hamil. Berikut ini ulasannya:

1. Memicu kontraksi

Dalam buah kurma terdapat kandungan yang mirip hormon oksitosin, hormon ini akan memicu timbulnya kontraksi agar proses melahirkan lebih mudah. Pernyataan ini di ungkapkan oleh jubir Academy of Nutrition and Dietetics, Melinda Johnson, M.s, R.d. Biasanya  ibu hamil jika akan melahirkan diberikan injeksi oksitosin sintetis, maka itu tidak diperlukan lagi oleh bumil yang rutin makan buah kurma.

2. Bukaan mulut rahim lebih cepat

Bukaan mulut rahim biasanya membutuhkan waktu hingga 14 jam agar seluruh bukaan lengkap. Proses bukaan pada rahim terbagi dalam dua tahap yaitu tahap laten dan aktif. Pada tahap laten membutuhkan waktu 8 jam agar dapat membuka sebanyak 1-3 cm. Sedangkan dalam tahap aktif perlu 6 jam lagi agar mulut rahim bisa terbuka semua sampai 10 cm.

Tetapi dengan rajin mengkonsumsi kurma tahap laten bisa berlangsung lebih cepat. Hasil studi yang disebutkan diatas bumil bisa melahirkan lebih cepat kurang dari 7 jam setelah ibu tiba di rumah sakit. Tentunya ini merupakan berita gembira karena ibu hamil tak perlu menunggu belasan jam lamanya sampai pembukaan mulut rahimnya sempurna.

3. Mengurangi resiko pecah ketuban

Manfaat buah kurma bagi ibu hamil berikutnya adalah membantu meminimalisir pecahnya ketuban pada bumil. Sebab jika ketuban sampai pecah sebelum waktunya akan sangat membahayakan bayi. Jika tidak segera ditangani akan terjadi berbagai komplikasi yang sangat membahayakan nyawa si bayi. Untungnya berkat buah kurma resiko pecah ketuban dapat diminimalisir.

Manfaat buah kurma bagi ibu hamil sebagai sumber nutrisi penting ibu hamil

Selain membantu proses melahirkan bagi ibu hamil, ternyata manfaat buah kurma bagi ibu hamil sangat banyak. Manfaat buah kurma untuk ibu hamil lainnya diperantarai oleh kandungan berbagai nutrisi yang memang penting selama kehamilan, diantaranya seperti:

  • Potassium
    Fungsi potassium adalah untuk mempertahankan tekanan darah tetap stabil, membantu mempertahankan keseimbangan air dalam tubuh selama kehamilan, mempertahankan kesehatan jantung, dan mencegah kram perut saat mengandung. Orang yang kekurangan potassium digadang-gadang dapat menyebabkan ganguan ginjal.
  • Magnesium
    Magnesium berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi pada bayi, menjaga tekanan darah dan gula darah agar tetap stabil. Kekurangan magnesium juga menyebabkan gangguan ginjal dan liver.
  • Kalsium
    Kalsium juga berperan dalam pembentukan tulang dan gigi.
  • Zat besi
    Manfaat buah kurma bagi ibu hamil adalah sebagai pencegah anemia selama kehamilan, fungsi lain zat besi adalah memperkuat sistem pertahanan tubuh.
  • Vitamin K
    Fungsi vitamin K sangat penting untuk menghentikan pendarahan, juga membantu perkembangan tulang bayi.
  • Folat
    Buah kurma juga mengandung asam folat yang sangat penting bagi ibu hamil karena akan mencegah bayi lahir cacat.
  • Fruktosa
    Fruktosa adalah jenis gula alami yang terkandung dalam buah-buahan. Fruktosa dapat memberikan energi pada bumil tanpa menaikkan kadar gula darah.
  • Serat
    Serat dalam buah kurma dapat menopang sistem pencernaan dan mencegah ibu hamil dari konstipasi. Buah kurma juga dapat menurunkan kolesterol dan memberikan sensasi kenyang lebih lama agar anda tetap bisa langsing dan sehat selama kehamilan.
  • Protein
    Protein dalam buah kurma terdiri dari asam amino yang sangat dibutuhkan bumil untuk membangun tubuh. Untuk tumbuh kembang janin bumil membutuhkan protein yang cukup. Tak hanya itu, manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah sebagai sumber fosfor, sulfur, mangan, tembaga, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Dari sekian banyaknya manfaat kurma bagi ibu hamil, apakah anda tidak tertarik mengkonsumsinya secara rutin? Jika kesulitan memperoleh buah kurma basah anda bisa memilih sari kurma untuk ibu hamil. Sarikurma cair dikemas dalam botol sekarang  sangat banyak dijual di apotik maupun toko herbal di Indonesia.

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

40 − = 39

Share