Nutirisi penting bagi ibu hamil trimester pertama

Gizi dan nutrisi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Makanan yang dikonsumsi harus seimbang dan dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Walaupun anda makan yang banyak sekalipun tapi jenis makanannnya tidak bergizi maka ini tidak akan membantu menjaga kesehatan yang optimal.

Kebutuhan kalori ibu hamil harus sesuai dengan usia kehamilannya, pada trimester pertama dan kedua anda harus memenuhi kebutuhan kalori setiap hari sebesar 2.000 kalori. Tetapi pada trimester akhir ibu hamil akan membutuhkan tambahan kalori sebesar 200 karlori perhari sehingga total 2.200 kalori/hari.

Wanita hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi 10% kalori dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% lainnya bersumber dari karbohidrat. Disamping sumber kalori tersebut makanan ibu hamil juga harus mengandung banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B, dan C, folat, magnesium, selenium dan seng.

nutrisi ibu hamil

Berikut ini jenis makanan untuk memenuhi gizi dan nutrisi ibu hamil yang harus disantap saat mengandung.

Nutrisi untuk ibu hamil muda trimester pertama

1. Buah pisang

Pisang sangat baik untuk mengurangi rasa ngidam dan mual yang berlebihan yang sering terjadi pada ibu hamil trimester pertama. Pisang mengandung vitamin B6 tinggi untuk mengatasi morning sickhess. Pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potassium.

2. Sayuran hijau tua

Beberapa jenis sayuran berdaun hijau sangat baik sebagai sumber gizi, serat, folat dan vitamin C. Contoh sayuran berdaun hijau adalah bayam, kangkung, bunga kol, daun katuk, dll. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau akan mencegah ibu hamil dari kekurangan zat besi. Disisi lain serat dapat membantu ibu hamil terhindar dari sembelit, sedangkan vitamin C dapat membantu menguatkan membran air ketuban dan penyerapan zat besi. Dan asam folat untuk tumbung kembang bayi dalam kandungan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein dan serat, makan kacang-kacangan selama hamil dapat mengatasi sembelit.  Sebab 40 persen wanita hamil akan sembelit selama kehamilan, sembelit terjadi akibat tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi.

Nutrisi ibu hamil trimester kedua

1. Telur matang

Kuning telur banyak mengandung kolin yang berperan dalam perkembangan otak bayi. Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan kolin perhati sebesar 450 mg. Jika anda tidak suka telur sebaiknya mengkonsumsi makanan lainnya yang mengandung kolin seperti daging sapi, susu, dan kacang kedelai.

2. Buah alpukat

Buah alpukat sangat baik dikonsumsi bumil karena sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium, dan vitamin B6. Terdapat juga lemak tak jenuh yang merupakan lemak baik untuk membantu melindungi terhadap penyakit jantung.  Alpukat sangat baik untuk membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan jaringan.

Nutrisi ibu hamil trimester ketiga

1. Buah pepaya matang

Ibu hamil dilarang mengkonsumsi buah pepaya mentah atau setengah matang sebab masih banyak mengandung pepsin dalam getahnya. Getah pepaya dapat menyebabkan kontraksi dini. Tetapi makanlah buah pepaya matang. Buah pepaya banyak mengandung vitamin C, asam folat, serat, dan potassium.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi sumber utama protein dan lemak yang sehat bagi jantung. Jenis kacang-kacangan yang baik seperti almond, walnut, pistachio, dan kacang mete semua memiliki lemak sehat, protein dan serat.

3. Minyak ikan

Penting bagi ibu untuk memastikan mendapat asupan dua porsi ikan yang kaya akan asam lemak omega tiga. Asam lemak ini diperlukan untuk perkembangan mata dan sistem saraf bayi. Sumber asam lemak omega tiga ada pada ikan salmon. Kalau mahal, pilihlah ikan kembung. Namun British Nutrition Foundation mengingatkan wanita hamil sebaiknya tidak berlebihan makan ikan karena dikhawatirkan mengandung polutan yang berbahaya buat bayi.

Makanan bergizi dan bernutrisi untuk ibu hamil diatas sebaiknya jangan di lewatkan dalam menu sehari-hari, namun juga sebaiknya disertai dengan makanan yang lain, asal bukan pantangan untuk ibu hamil. Dengan selalu menjaga asupan nutrisi ibu hamil maka janin juga akan terjaga dari berbagai penyakit dikemudian hari.

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 + = 41