5 macam obat penyubur kandungan di apotik

300x250

Obat penyubur kandungan banyak dicari oleh pasangan yang sulit memperoleh keturunan baik yang sudah lama menikah maupun yang baru menikah. Meskipun harga obat penyubur kandungan ini terbilang mahal tetap saja mereka akan berusaha untuk mendapatkannya.

Fungsi obat penyubur kandungan bekerja dengan melepaskan hormon yang memicu ovulasi. Penggunaannya bisa melalui suntikan maupun diminum langsung. Selain meningkatkan kesuburan ternyata beberapa obat penyubur kandungan ini bisa medatangkan efek samping. Oleh karena itu agar anda mendapatkan manfaat secara maksimal dan mengurangi efek sampingnya, maka dalam penggunaannya anda harus mencermatinya dengan baik.

Dokter bisa saja memberikan obat penyubur kandungan yang berbeda-beda berdasarkan kondisi kesehatan pasien pada saat itu. Tujuannya adalah untuk menghindari atau mengurangi efek samping dari penggunaan obat penyubur kandungan tersebut.

obat penyubur kandungan profertil

Obat penyubur kandungan di apotik

Ada beberapa nama merk obat kesuburan yang banyak beredar di apotik, tetapi dalam penggunaannya harus berdasarkan resep atau pengawasan dokter kandungan. Jadi anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan agar terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dibawah ini ada beberapa nama obat penyubur kandungan yang biasa digunakan oleh dokter untuk menstimulasi kesuburan wanita. Namun sangat disarankan anda tidak menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter sebab obat penyubur ini termasuk obat keras dan berbahaya. Kadang yang namanya obat bisa terbukti bekerja pada 1 wanita, namun kadang bisa juga tidak bekerja pada wanita lain. Sebaiknya anda meningkatkan kesuburan dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan yang alami. Simak di sini: 9 Makanan penyubur paling aman agar cepat hamil.

1. Profertil

Obat penyubur kandungan Profertil ini harus anda dapatkan dari resep dokter dan dibawah pengawasan langsung dokter kandungan. Obat ini tidak dijual secara bebas sebab tergolong obat hormon. Kandungan clomiphene citrate dalam obat Profertil ini bekerja menstimulasi terjadinya ovulasi pada wanita.

Clomiphene citrate sangat populer dikalangan ahli medis sejak 40 tahun silam. Clomiphene citrate akan merangsang sekresi hormon GnRH lalu secara otomatis akan merangsang kelenjar pituitary bagian depan untuk mensekresi FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone).

Dokter akan memberikan dosis awal sebanyak 50 mg setiap hari selama 5 hari. Hari pertama mengkonsumsi ditentukan kapan dimulainya menstruasi. Disarankan pertama kali mengkonsumsinya pada hari ketiga, keempat atau kelima menstruasi. Jika obat pertama dikonsumsi pada hari kelima menstruasi, maka konsumsi obat akan dilanjutkan empat hari berikutnya secara berurutan. Dengan kata lain, konsumsi obat akan berakhir pada hari menstruasi yang kesembilan.

Hari ketujuh mengkonsumsi obat diharapkan terjadi ovulasi, jika berhasil dokter akan menghentikan konsumsi clomiphene setelah 6 bulan. Jika tidak berhasil dosis akan ditingkatkan pada bulan berikutnya sebanyak 50 mg/hari hingga dosis maksimal 150 mg/hari. Tingkat keberhasilan obat ini bekisar 60-80%.

2. Folavit

Folavit atau Folic Acid biasa disebut dengan asam folat atau vitamin B9. Folavit adalah suplemen asam folat, kandungan asam folat biasanya mencapi 400 ug yaitu setara dengan rekomendasi harian. Fungsi Folavit adalah untuk memenuhi kebutuhan minimal asam folat bagi wanita untuk mencegah kerusakan otak pada janin bayi.

Sebenarnya vitamin B9 dengan mudahnya bisa anda temukan pada sayur-sayuran seperti sayur bayam, buncis dan buah-buahan. Secara medis pemberian asam folat 1 kali perhari pada wanita sebelum hamil sampil 3 bulan masa hamil akan menghasilkan 70% efektifitas dalam mencegah kerusakan otak janin. Jadi pengen hamil? Konsumsilah sayuran alami seperti bayam dan sayuran tinggi asam folat lainnya sesering mungkin.

3. Metformin hydrochloride

Obat ini bekerja menurunkan kadar insulin dalam darah dan menurunkan kadar testosteron. Obat ini sebenarnya diperuntukkan bagi pengidap diabetes yang membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap hormon insulin. Kenyataannya obat ini juga efektif menangani gangguan ovulasi pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Obat ini cocok bagi wanita yang mengalami obesitas sebab wanita dengan berat badan berlebih sangat berisiko terkena gangguan kadar insulin. Selain itu obat ini atlternatif bagi wanita yang resisten terhadap efek penggunaan clomiphene sendiri.

4. Bromocriptine

Obat penyubur kandungan ini bekerja menyeimbangkan hormon yang mencegah pelepasan sel telur dari ovarium tiap bulan. Obat ini tepat digunakan oleh wanita yang terlalu banyak memiliki hormon prolaktin dalam tubuhnya sehingga menurunkan kadar hormon estrogen. Obat ini dapat digunakan dalam bentuk tablet ataupun kapsul yang dimasukkan ke vagina.

5. Gonadotrophins

Obat penyubur ini cara penggunaannya dengan disuntik pada wanita selama 12 hari. Gonadotrophins terdiri dari luteinising hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH) yang merangsang ovarium secara langsung untuk memproduksi dan mematangkan sel-sel telur. Suntikan ini kemudian dapat diikuti suntikan akhir yang disebut human chorionic gonadotrophin (hCG).

Efek samping obat penyubur kandungan

Apakah obat kimia sebagai solusi terbaik ingin cepat hamil? Tidak disarankan. Walaupun mungkin dalam kasus ekstrim seperti menstimulasi produksi hormon tertentu bisa dipergunakan dan itupun harus pengawasan dokter kandungan. Pada umumnya obat ini dapat menimbulkan beberapa efek samping diantarnya:

  1. Sakit kepala, mual, perut kembung, penglihatan buram, dan kepanasan (hot flashes).
    Munculnya perubahan lendir serviks, yang dapat menyebabkan masa subur lebih sulit diprediksi. Perubahan ini juga dapat menyebabkan sperma lebih sulit masuk ke rahim.
  2. Terapi hormonal ini biasanya tidak menyebabkan efek samping secara langsung. Meski demikian, gonadotropin dapat menyebabkan pembesaran ovarium yang berakibat pada nyeri perut. Pada kasus yang parah, efek samping berupa mual dan muntah dapat terjadi.

Setelah mencermati berbagai pilihan obat penyubur kandungan di atas, langkah paling tepat adalah memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menemukan terapi yang paling sesuai untuk digunakan sesuai kondisi kesehatan Anda.

Obat herbal penyubur kandungan yang bagus

Sebelum meminum obat-obatan kimia alangkah baiknya anda mencoba mengkonsumsi obat herbal. Obat herbal 100% alami tanpa campuran bahan kimia dan tanpa efek samping. Anda bisa menemukan di salah satu forum  curhat ibu hamil berbagai pengalaman bunda yang telah berhasil hamil dengan mengkonsumsi obat herbal. Salah satu produknya adalah madu Almabruroh sudah saya review di artikel ini: Manfaat madu Almabruroh untuk penyubur kandungan.

Berikut ini obat herbal penyubur kandungan yang disarankan agar anda bisa segera hamil.

1. Ovary Nutrition Capsule

Merk obat penyubur kandungan Ovary nutrition capsule adalah produksi Green World. Obat ini salah satu obat penyubur kandungan paling laris di Indonesia untuk mengatasi masalah sulit hamil pada waninta, menyuburkan rahim, dan menstimulasi pematangan sel telur.

Berdasarkan keterangan yang saya kutip dari blog dr Dewi Prabarini, SpOG obat ini tergolong obat penyubur kandungan herbal dan tidak mengandung bahan kimia. Manfaat Ovary nutrition capsule adalah untuk memperlancar siklus haid tidak teratur dan nyeri saat haid dan menjelang menstruasi. Selain itu dapat mengatasi keputihan, kista, rahim kering, rahim kecil dan penyakit lainnya yang dapat menghambat kehamilan, meningkatkan fungsi ovarium, menstabilkan kadar label hormon estrogen dan progesteron.

2. Madu Penyubur Kandungan Al Mabruroh

Merk madu penyubur kandungan Al Mabruroh sedang booming di Indonesia. Madu ini terbukti ampuh bagi sebagian pasangan untuk memperoleh keturunan. Madu sangat aman dikonsumsi karena sumbernya alami dari madu pilihan di padukan dengan herbal alami lainnya seperti serbuk pucuk kurma pilihan, ekstrak kemangi dll.

Madu Al Mabruroh baik untuk mengatasi masalah ketidak suburan pada wanita, mengatasi nyeri saat haid, keputihan, mengoptimalkan lever hormon seksual, dan merangsang oculasi.

Demikian pembahasan singkat tentang 5 macam obat penyubur kandungan di apotik dan solusinya bagi wanita agar kehamilan menjadi kenyataan. Silahkan share dan like!

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 + = 28