7 Olahraga Untuk Program Hamil Dapat Meningkatkan Fungsi Kesuburan Wanita

Ternyata, manfaat olahraga untuk program hamil sudah banyak diteliti. Menurut studi, olahraga teratur dapat meningkatkan fungsi kesuburan wanita. Bahkan, wanita yang berolahraga 30 menit atau lebih setiap hari, memiliki risiko lebih rendah mengalami infertilitas akibat gangguan ovulasi.

Olaharaga yang dilakukan dengan rutin dan benar akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Tubuh yang sehat akan mampu meningkatkan produksi hormon sehingga dapat membantu pertumbuhan sel telur. Sedangkan bagi laki-laki olaharaga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma. Dengan meningkatnya kualitas sperma dan sel telur tentunya peluang terjadinya pembuahan akan meningkat.

Selain itu olahraga dapat menjaga berat badan ideal dan menghindari rasa stress. Berat badan adalah salah satu faktor utama yang harus Anda perhatikan sebagai upaya agar cepat hamil. Sedangkan stress yang berkepanjangan akan menurunkan peluang pembuahan bagi wanita yang ingin segera hamil.

Berikut ini 7 olahraga untuk mempercepat kehamilan yang harus Anda pertimbangkan untuk mendukung program hamil yang sehat

Olahraga Untuk Program HamilPilihlah salah satu jenis olahraga yang cocok dengan kebutuhan Anda. Adapun jenis olahraga agar cepat hamil yang baik dan bisa langsung di praktekkan adalah olahraga dengan intensitas sedang dan durasi yang sesuai. Tujuannya agar fungsi kesuburan dapat berjalan optimal. Bagi wanita sangat disarankan berolah raga minimal 150 menit perminggu, dengan rincian 5 hari seminggu dengan durasi 30 menit perhari.

Jenis olahraga untuk program hamil yang baik untuk Anda adalah:

    1. Jogging ringan, lakukan minimal 5 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit.
    2. Yoga, gerakan yoga biasanya dipusatkan pada sekitar panggul, pinggang, perut dan tulang belakang. Cara ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, nutrisi, kelenturan dan kekuatan tubuh di area yang berhubungan dengan kehamilan. Gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, mengatur fungsi hormon dan mengurangi stres. Semua itu membantu menstimulasi ovulasi serta membuat rahim lebih kondusif untuk terjadinya konsepsi.
    3. Menari
    4. Zumba, 2-3 kali per minggu
    5. Aerobik, 2-3 kali per minggu
    6. Bersepeda
    7. Berenang

Olahraga yang dilarang saat program hamil

Seperti yang disebutkan Klikdokter.com, beberapa studi lain yang dilakukan pada atlet, ternyata olahraga berlebihan juga tidak baik. Olahraga ekstrem lebih dari satu jam sehari, misalnya, dapat menurunkan produksi hormon yang menstimulasi fungsi ovarium. Akibatnya, terjadi gangguan ovulasi. Risiko ini meningkat sejalan dengan durasi dan intensitas olahraga. Berikut ini jenis olahraga yang dilarang saat program hamil dan sebaiknya dihindari:

  1. Bikram yoga/-hot yoga
  2. Core strength training setelah ovulasi, termasuk core Pilates
  3. Olahraga 7 kali seminggu dengan durasi 45-60 menit
  4. Olahraga lebih dari 1 jam
  5. Olahraga dengan intensitas tinggi (lari, gimnastik, balet, dll)

Selain hal-hal di atas, ada beberapa saran yang harus diperhatikan oleh wanita yang sedang menjalani program hamil adalah memperhatikan berat badan, mengetahui masa subur setelah haid dan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan. Yang memiki kelebihan berat badan,  seperti perlunya mengurangi konsumsi kalori harian dan tingkatkan olahraga secara bertahap hingga mencapai body mass index (BMI) ideal. Anda juga sebaiknya menargetkan olahraga kardio 60 menit per hari, dan olahraga strength-training 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit.

Bagaimana dengan wanita yang memiliki berat badan di bawah rata- rata? Sebaiknya, tingkatkan asupan kalori Anda hingga mencapai BMI normal atau persentase lemak tubuh 12%. Bila Anda berolahraga 5 hari atau lebih per minggu, sebaiknya kurangi durasi olahraga menjadi 3 kali per minggu. Sedangkan untuk wanita dengan BMI normal, Anda dapat memertahankan durasi olahraga dibawah 1 jam per hari. Bila siklus haid tidak teratur atau belum hamil setelah beberapa bulan, jangan tambah durasi olahraga Anda. Lebih baik, konsultasikan diri Anda dan pasangan ke dokter kandungan.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari olahraga untuk program hamil, Jadi, jangan malas olahraga mulai sekarang, ya!

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

39 − 30 =

Share