3 Posisi tidur yang baik buat ibu hamil menurut usia kehamilan

Posisi tidur yang baik buat ibu hamil tidak boleh dianggap perkara sepele. Sebab kondisi janin yang terus tumbuh besar dapat membuat susah tidur saat hamil. Selain itu jika anda tidak tahu bagaimana cara tidur yang baik untuk ibu hamil maka ketika bergerak untuk merubah posisi tidur akan sangat kesusahan.

Posisi tidur yang baik saat hamil merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi perkembangan janin kedepannya. Posisi tidur untuk ibu hamil akan menunjang kenyamanan dan kualitas tidur sehingga ibu akan tetap bugar dan sehat.

Sebaliknya posisi tidur yang salah pada ibu hamil bisa mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkakan kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah, atau justru meningkatnya tekanan darah.

Maka dari itu disini saya jelaskan apa saja posisi tidur yang baik buat ibu hamil agar kesehatan janin dan bumil tetap terjaga.

Posisi tidur yang baik buat ibu hamil

Posisi tidur yang baik buat ibu hamil

Berikut ini cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil berdasarkan usia kehamilan trimester pertama, kedua dan ketiga yang patut anda coba.

1. Posisi tidur ibu hamil trimester pertama

Pada usia kehamilan tiga bulan pertama ibu hamil masih bisa tidur dalam posisi apapun. Akan tetapi ketika perut mulai membesar di menjelang bulan ketiga maka bumil akan mulai merasakan gejala sulit tidur. Terlebih lagi ketika memasuki minggu kesepuluh kehamilan.

Disaat seperti itu sebaiknya bumil jangan tidur langsung merebahkan badan dalam kondisi terlentang. Tetapi duduk terlebih dahulu lalu merebahkan diri dalam kondisi miring, setelah kepala menyentuh bantal, anda bisa mengubah posisi menjadi terlentang. Jika anda langsung tidur terlentang dari posisi sedang duduk maka akan terjadi hentakan pada bagian perut sehingga tidak baik bagi janin.

Oleh karena itu dari trimester pertama anda harus berhati-hati ketika akan berbaring sebab kebiasaan ini akan terus terbawa sampai trimester berikutnya.

2. Posisi tidur ibu hamil trimester 2

Setelah memasuki usia kehamilan trimester kedua, terutama setelah bulan kelima, bumil disarankan agar tidak tidur dalam posisi terlentang. Sebab tekanan pembuluh darah utama dan vena cava interior bisa meningkat bila anda tidur dalam keadaan terlentang. Sebab tidur posisi terlentang pada trimester 2 dapat menghambat peredaran darah pada bumil dan janin.

Selanjutnya vena cava inferior yang tertekan dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki. Vena cava inferior merupakan pembuluh balik besar bawah yang terletak dibagian belakang perut bawah. Fungsinya adalah untuk membawa darah kotor dari tubuh bagian bawah ke jantung.

Kebanyakan ibu hamil pada trimester kedua akan mulai sering gelisah dan kurang tidur. Penyebab ibu hamil susah tidur pada trimester kedua dikarenakan perut yang sudah mulai membesar. Oleh sebab itu memilih cara tidur yang baik sangat menentukan pola istirahat dan tumbung kembang janin. Berikut ini pilihan posisi tidur yang baik buat ibu hamil dan posisi tidur yang harus dihindari ketika usia kehamilan trimester kedua.

Posisi tidur miring/ menyamping

Ahli medis sangat menganjurkan bumil tidur dalam posisi menyamping. Tujuannya adalah untuk memperlancar peredaran darah baik yang menuju jantung maupun yang menuju rahim, janin, dan ginjal. Posisi tidur menyamping akan mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki dan tangan. Posisi tidur menyamping akan membantu ginjal bekerja lebih leluasa membersihkan zat sisa maupun cairan yang masuk kedalam tubuh.

Gunakan bantal khusus ibu hamil

Bantal ibu hamil dapat membantu posisi tidur lebih nyaman. Jika bumil merasakan sesak nafas atau nafas pendek, coba letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Jika bumil merasakan sakit di ulu hati letakkan bantal di bagian kepala agar badan bagian atas lebih tinggi. Bumil bisa juga tidur dalam posisi setengah duduk agar asam lambung tidak naik. Berikutnya jika bumil kesulitan tidur menyamping, coba ganjal dengan bantal pada bagian perut dan punggung. Bantal khusu ibu hamil disarankan untuk membuat tidur lebih nyaman.

3. Posisi tidur ibu hamil trimester 3

Trimester ketiga adalah masa yang paling sulit bagi ibu hamil karena masa ini masa persiapan untuk melahirkan. Di trimester ketiga ini bumil akan semakin sulit tidur, janganlah anda merasa panik dan stress. Sebaiknya hindari kegiatan yang berlebihan menjelang sore hari. Anda bisa dapat merelaksasi dengan mandi air hangat, minum dan makan makanan yang dapat membuat terasa nyaman. Jika tubuh merasa relaks maka tidur pun menjadi nyaman.

Beberapa bumil mungkin bingung menentukan posisi tidur terbaik, sebab pada trimseter akhir ini bumil tidak dapat tidurĀ  terlentang dan tengkurap. Solusinya adalah dengan tidur menyamping meskipun tidak selalu nyaman. Oleh karena itu bumil harus cerdas dengan mengetahui beberapa posisi tidur yang baik dan nyaman terlebih saat memasuki masa-masa melahirkan.

  1. Tidur dengan posisi lutut sedikit ditekuk. Posisi ini dapat mengurangi kelahirna prematur dan membantu memperlancar aliran darah
  2. Gunakan bantal khusus ibu hamil. Boleh juga menggunakan bantal lainnya asalkan bumil merasa nyaman saat menyangga bagian perut dan punggung. Atau gunakan bantal guling dalam posisi dipeluk.
  3. Masih kurang nyaman? gunakan tambahan busa disekeliling anda, penambahan busa membuat nyaman suasana tidur.

Meskipun demikian, sebagian ahli menyatakan masing-masing ibu hamil disarankan untuk memilih posisi yang terasa nyaman saja. Posisi tidur juga sudah diteliti bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Hal ini dikarenakan posisi tidur akan membuat aliran darah, oksigen, dan nutrisi-nutrisi dari tubuh Ibu ke janin menjadi lebih maksimal.

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 32 = 34