9 Tanda tanda awal kehamilan 1 minggu pertama pasti hamil

Tanda tanda awal kehamilan 1 minggu secara umum mungkin ada yang belum mengetahuinya. Banyak juga wanita yang tidak merasakan gejala awal kehamilan yang terkadang tampak samar. Seseorang akan mengetahui hamil atau tidak adalah saat terlambat datang bulan atau ketika usia kehamilan sudah satu bulan (4 minggu). Tetapi fakta lain juga mengatakan tidak semua wanita yang terlambat haid berarti positif hamil.

Nah, untuk mengetahui tanda tanda awal kehamilan 1 minggu pertama sebaiknya anda tidak hanya melihat berdasarkan ciri-ciri fisik semata. Tetapi gunakan juga peralatan medis supaya hasil yang diperoleh lebih tepat dan akurat. Alat medis yang umum diketahui adalah seperti test pack, USG, ataupun mengunjungi dokter kandungan. Sebab semakin banyak tanda-tanda kehamilan yang terjadi, semakin besar pula peluang hamilnya.

Tanda tanda awal kehamilan 1 minggu pertama

Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri kehamilan sedini mungkin, katakanlah 1 minggu setelah berhubungan dan kapan terakhir kali anda mengalami haid. Berikut adalah tanda tanda kehamilan yang bisa Anda jadikan pegangan sementara sebelum menjalani pemeriksaan yang lebih serius dengan hasil yang lebih akurat.

Tanda hamil 1 minggu setelah berhubungan

Tanda kehamilan 1 minggu lebih mudah dikenali oleh orang awam adalah mengetahuinya dengan gejala fisik atau nonmedis. Berikut ini adalah pertanda kehamilan secara fisik berhasil saya rewrite dari situs dedaunan.com.

1. Mengalami rasa ngantuk dan lelah yang tidak biasa

Gejala awal kehamilan minggu pertama kebanyakan calon ibu mengalami rasa ngantuk dan lelah yang lebih tinggi. Penyebab utamanya adalah terjadi perubahan hormonal dan meningkatnya kinerja organ vital seperti paru-paru, ginjal, jantung, dan lainnya seiring meningkatnya kebutuhan nutrisi dan vitamin sebab adanya janin dalam kandungan. Sehingga organ-organ tersebut harus bekerja ekstra yang mengakibatkan tubuh cepat lelah dan ngantuk. Rasa lelah dan ngantuk akan terus mendera seiring usia dan berat janin yang semakin bertambah.

2. Sering buang air kecil dan sembelit

Intensitas buang air kecil yang bertambah penyebabnya adalah akibat lancarnya peredaran darah bumil karena keberadaan janin dalam kandungan secara otomatis menekan kandung kemih sehingga seorang ibu hamil akan lebih sering buang air kecil. Penyebab lainnya adalah perubahan hormonal sehingga jangan menahan kencing meskipun bolak-balik kamar mandi. Tipsya adalah dengan selalu memastikan asupan cairan yang cukup karena semakin banyak cairan yang keluar, semakin tinggi pula kebutuhan cairan yang harus dikonsumsi. Sementara itu, sembelit yang sering tampak pada usia kehamilan muda juga disebabkan terjadinya peningkatan hormon dan mengendurnya otot rahim.

3. Mual dan muntah-muntah

Tanda kehamilan ini paling sering ditemukan dalam berbagai kasus kehamilan. Mual dan muntah-muntah disebabkan oleh peningkatan hormon yang terjadi dalam darah dan saluran kencing. Peningkatan hormon ini menimbulkan efek pedih di perut yang membuat rasa mual dan terkadang muntah. Tanda ini akan hilang setelah memasuki trimester kedua kehamilan (bulan ketiga keahmilan).

4. Keluar bercak darah

Bercak darah yang keluar pada wanita hamil minggu pertama umumnya sangat sedikit dan berbeda dengan darah haid. Gejala ini biasa terjadi pada hari ketujuh hingga kesepuluh ovulasi, ini menandakan kehamilan telah memasuki satu minggu pertama. Bercak darah terjadi karena proses implantasi yaitu ketika embrio menempel pada dinding rahim ibu.

5. Kram pada perut bagian bawah

Implantasi juga menyebabkan kram pada perut bagian bawah akibatnya otot dan syaraf perut menegang karena proses impantasi. Gejala ini akan hilang pada trimester kedua hingga posisi uterus berada di tengah (setelah berhasil disangga oleh perut ibu).

6. Payudara membesar dan membengkak

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron menjadikan payudara membesar dan membengkak. Akibatnya payudara lebih sensitif dan peka terhadap rasa sakit dan gatal jika tersentuh.

7. Pusing

Diusia awal kehamilan akan mengalami gangguan pusing karena meningkatnya aliran darah kedalam tubuh ibu hamil. Gejala pusing ini muncul bersamaan dengan rasa mual, muntah, lelah yang berlebihan dan lain sebagainya. Jika sang ibu memiliki riwayat anemia sebaiknya anda menyediakan makanan/buah-buahan yang dapat mengatasi anemia. Sebab anemia pada masa-masa awal kehamilan akan sangat merepotkan bumil.

8. Sering meludah

Sering meludah adalah tanda awal kehamilan yang disebabkan perubahan hormon estrogen. Gejala ini umumnya muncul pada trisemester pertama dan akan perlahan menghilang begitu memasuki trisemester kedua.

9. Perasaan yang cemas dan tidak menentu

Tanda kehamilan di minggu pertama yang terakhir adalah timbul perasaan cemas dan tak menentu. Sebaiknya bumil mulai mengatur emosi agar terkendali. Gejala ini mirip dengan PMS (Pre-Menstruation Syndrome) di mana seorang perempuan, tanpa sebab dan alasan yang jelas, tiba-tiba cemas, marah, khawatir dan perasaan-perasaan lain yang seringkali susah ditutupi dari orang lain.

Tanda tanda awal kehamilan 1 minggu berdasarkan medis

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui tanda tanda awal kehamilan 1 minggu pertama adalah menggunakan cara medis. Cara medis terbilang lebih akurat dibandingkan dengan melihat perubahan fisik. Ada beberapa cara medis yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah wanita benar-benar sedang hamil atau tidak.

1. Menggunakan alat tes kehamilan

Alat tes kehamilan yang banyak dijual di apotik adalah test pack. Cara menggunakannya cukup dengan tes urin, test pack memiliki tingkat keakuratan hingga 99% (tergantung merk). Untuk melakukan tes ini sebaiknya dilakukan pagi hari. Jika anda positif hamil maka tanda yang terlihat adalah dua garis, sedangkan jika negatif garis yang terlihat hanya satu. Jika hasil test pack positif hamil maka sebaiknya anda segera memeriksanya ke dokter kandungan untuk dilkukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Pemeriksaan USG

Cara kedua untuk tanda kehamilan minggu pertama adalah menggunakan USG. Cara ini diakui paling efektif dari semua alat tes maupun tanda fisik untuk mengetahui pasti hamil atau tidak. Dengan bantuan kecanggihan alat USG ini anda bisa melihat secara langsung di dalam kandungan terdapat janin atau tidak. Bukan cuma itu anda juga dapat melihat dengan jelas bentuk dan keadaan janin di dalam kandungan dalam gambar 4 dimensi yang ditampilkan di layar monitor USG.

Sekian artikel 9 tanda tanda awal kehamilan 1 minggu pertama, semoga dapat membantu anda untuk mengetahui apakah hamil atau tidak. Suka dengan artikel ini? tolong bantu share.

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 + = 56

Share