12 Tanda tanda mendekati persalinan yang harus bunda ketahui

Tanda tanda mendekati persalinan akan sangat terasa ketika usia kandungan memasuki akhir trimester ketiga. Tidak semua wanita mengalami gejala yang sama, tetapi pada umumnya tanda tanda mendekati persalinan terjadi pada minggu ke 39 dan 41 kehamilan. Pada minggu terakhir tersebut tubuh akan mulai memproduksi progesteron yang berfungsi melunakkan jaringan disekitar serviks dan pelvis (panggul) untuk persiapan melahirkan.

Dengan mengetahui apa saja tanda tanda mendekati persalinan tersebut paling tidak bunda bisa melakukan persiapan awal agar sewaktu mau melahirkan tidak keteteran mengurusi segala keperluan menjalani persalinan. Misalnya ajaklah pasangan anda untuk memilih rumah sakit yang nyaman, melakukan persiapan untuk keperluan bayi dan ibu selama di rumah sakit, mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa saat persalinan sehingga mudah dijangkau saat kondisi darurat, dan sebagainya.

Selain yang tadi disebutkan hal lainnya adalah selalu mempersiapkan fisik dan mental yang matang. Anda juga sudah harus memastikan siapa yang akan mendampingi selama persalinan. Anda bisa memilih suami, ibu, atau menyewa doula. Doula adalah seorang tenaga terlatih yang biasa membantu para wanita saat bersalin. Pastikan mereka siap menemani anda saat persalinan dimulai.

Jadi sebenarnya tanda tanda mendekati melahirkan itu apa saja? Berikut ini penjelasannya semoga dapat membantu anda mengenali gejala akan melahirkan.

Tanda tanda mendekati persalinan pada akhir trimester ketiga

Pada bulan akhir masa kehamilan produksi progesteron meningkat pesat. Progesteron adalah hormon yang bertugas untuk melunakkan jaringan di tubuh manusia. Progesteron ini akan melunakkan jaringan di leher rahim atau serviks dan panggul sebagai persiapan proses melahirkan.

Namun untuk mempersiapkan diri dan bersiaga dalam menghadapi persalinan, Anda bisa memerhatikan beberapa tanda mendekati persalinan yang mungkin terjadi pada fisik dan emosional. Biasanya tanda tanda mendekati melahirkan terjadi beberapa minggu atau hari sebelum persalinan. Dari segi fisik, mungkin Anda akan merasakan perubahan pada tubuh Anda seperti:

Tanda tanda mendekati persalinan

1. Pecahnya air ketuban

Selama di dalam kandungan bayi terlindungi dan dikelilingi oleh membran yang berisi cairan kantung ketuban. Adanya desakan kontraksi dan tekanan kepala bayi pada mulut serviks mengakibatkan pecahnya lapisan air ketuban. Selain itu air ketuban bisa pecah akibat infeksi pada rahim, trauma akibat kecelakaan, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, dan sebagainya. Jika anda curiga air ketuban pecah dini, segera kerumah sakit untuk penanganan, sebab jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan komplikasi pada bayi. Air ketuban bisa dikenali dengan ciri berwarna bening atau bintik-bintik putih disertai darah, lendir, dan tidak berbau.

Penjelasan selengkapnya silahkan baca bahaya dan apa yang harus dilakukan ketika pecah air ketuban.

2. Lendir kental bercampur darah

Darah yang keluar berupa cairan lengket berwarna merah muda adalah salah satu pertanda akan menjalani persalinan.

3. Kontraksi dinding rahim

Dinding rahim akan terasa mengeras sebelum persalinan, terkadang kontraksi dinding rahim ini pada sebagian wanita tidak menyadarinya. Bumil sangat dianjurkan bisa mengenali apa yang sedang dirasakan, coba minta penjelasan dari dokter kandungan.

4. Kram perut

Kram perut atau nyeri di sekitar perut terasa seperti  saat datang bulan. Kram perut bisa dikurangi dengan cara mandi air hangat. Kram perut merupakan pertanda waktu persalinan sudah dekat.

5. Tahap demi tahap (pembukaan)

Pembukaan ini mulai naik satu persatu setiap dua jam sekali atau kurang. Proses pembukaan dimulai sejak kepala bayi sudah berada di pintu rahim.

6. Gerakan bayi mulai melambat

Gerakan bayi mulai terasa melambat tidak seperti biasanya dikarenakan bayi dalam kandungan sedang mengatur posisi kelahirannya.

7. Kondisi psikologis

Ibu hamil akan merasakan perubahan emosi dan keinginan untuk menyendiri ketika sudah mendekati proses persalinan.

8. Rasa sakit di panggul dan nyeri di selangkangan

Bayi yang mulai bergerak turun akan menyebabkan organ tubuh bagian dalam ibu tertekan dan menyebabkan perut menjadi mulas, beser, sering terjadi flatus, dan BAB. Selain itu ibu juga merasakan rasa sakit yang luar biasa di bagian panggul dan tulang belakang. Hal ini disebabkan karena posisi janin menekan tulang panggul yang berhubungan dengan tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit.

Rasa nyeri pada selangkangan terjadi akibat posisi kepala janin turun kebawah di rangka tulang pelvis, lalu janin juga menekan kandung kemih yang menyebabkan bunda sering buang air kecil.

9. Perubahan fisik pada anggota tubuh tertentu

Produksi hormon progesteron yang meningkat pesat menyebabkan perubahan pada tubuh seperti perubahan pada tulang kemaluan yang melebar, membuat dasar panggul melunak untuk mempermudah jalannya kelahiran bayi dan perubahan ukuran payudara yang semakin membesar akibat produksi ASI.

10. Menggigil

Meskipun tidak ada demam anda akan mengalami rasa menggigil diawal masa persalinan, diharapkan tidak perlu cemas karena termasuk dalam kondisi normal dan wajar.

11.Nafsu makan bertambah

Rasa nafsu makan yang bertambah drastis bisa menjadi pertanda proses persalinan sudah mendekat.

12. Beban perut terasa ringan

Beban perut akan terasa ringan disebabkan oleh posisi bayi yang menurun dan mendiami daerah panggul. Ini akan membantu bumil bisa bernafas dengan lega dibandingkan sebelumnya.

Itulah tanda tanda akan melahirkan dalam waktu dekat yang sangat penting bumil ketahui, terutama yang berencana melahirkan secara normal. Berbeda jika bumil berencana melahirkan dengan bantuan caesar, yang mana bumil bisa melahirkan bayi kapanpun selama fisiknya sudah cukup untuk dilahrikan.  Selain itu anda akan menjadi lebih siap dalam menghadapi persalinan.

Wujudkan impian Anda untuk segera HAMIL dengan PROGRAM HAMIL MAKSIMAL berdasarkan metode ilmiah yang terbukti meningkatkan peluang hamil. Anda bisa berkonsultasi langsung secara privat bersama dr. Rosdiana Ramli, Sp.OG. Silahkan bergabung di website Tips Hamil. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

68 − = 61